Selasa, 22 Mei 2012

Penelitian Tindakan Kelas

Anda tentu sudah sering mendengar kata penelitian, yang merupakan terjemahan dan bahasa Inggris: research. Bagi sebagian guru, terutama mereka yang mengambil program sarjana (S1), penelitian merupakan kegiatan puncak dan studi mereka. Dalam penyelesaian studinya, mereka dituntut untuk mengembangkan wawasannya dengan cara melakukan pencarian atau eksplorasi untuk menemukan jawaban dan masalah yang menjadi bidang kajiannya. Untuk melakukan pencaharian atau eksplorasi tersebut
ada seperangkat aturan dan langkah yang harus diikutinya. Anda pasti sudah dapat menebak bahwa aturan dan langkah langkah tersebut dikemas dalam satu perangkat yang disebut metode penelitian. Bertitik tolak dan uraian di atas, penelitian tindakan kelas merupakan satu penelitian pula yang dengan sendininya mempunyai berbagai aturan dan langkah yang hanus diikuti. Penelitian tindakan kelas merupakan terjemahan dan classroom action research, yaitu satu action research yang dilakukan di kelas. Agar Anda memiliki pengertian yang mantap tentang PTK, man kita bahas makna PTK dan segi semantik (arti kata). Action research, sesuai dengan arti katanya, diterjemahkan menjadi penelitian tindakan; yang oleh Cam dan Kemmis dalam McNiff.(1991, p.2) didefinisikan sebagai berikut. Action research is a form of self-reflective enquiry undertaken by participants (teachers, students or principals, for example) in social (including educational) situations in order to improve- the rationality and justice of (a) their own social or educational practices, (2) their understanding of thece practices and the situations (and institutions) in which the practices,are carried out. Jika kita cermati pengertian diatas secara seksama. kita akan menemukan sejumlah ide pokok sebagai berikut. 1.Penelitian tindakan adalah satu bentuk inkuiri atau penyelidikan yang dilakukan melalui refleksi dini. 2.Penelitian tindakan dilakukan oleh peserta yang terlibat dalam situasi yang diteliti, seperti guru, siswa, atau kepala sekolah. 3.Penelitian tindakan dilakukan dalam situasi sosial. Termasuk situasi pendidikan. 4.Tujuan penelitian tindakan adalah memperbaiki: dasar pemikiran dan kepantasan dan praktek- praktek, pemahaman terhadap praktek tersebut, serta situasi atau lembaga tempat praktek tersebut dilaksanakan. Penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelasnya sendiri melalui refleksi dini dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru, sehingga hasil belajar siswa menjadi meningkat. Bagaimana pendapat Anda tentang pengertian tersebut? Apakah dengan membaca pengertian itu Anda sudah dapat membayangkan sosok PTK ? Apakah anda sudah dapat memahami, siapa yang melakukan penelitian itu, di mana dilakukan. Bagaimana caranya melakukan, dan apa yang ingin dicapai melalui penelitian tersebut. Jika pertanyaan tersebut sudah dapat Anda jawab, berarti Anda sudah memahami pengertian PTK.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar