Kamis, 31 Mei 2012

Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Sekilas tentang instalasi,kegunaan,dan keunggulan PLTS
Pada dasarnya pemasangan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) itu tidak sulit,yang terpenting pada saat matahari bersinar panel surya / modul surya tidak terhalang oleh benda apapun agar energi yang diserap oleh panel surya / modul surya bisa maksimal,dalam hal ini peralatan atau komponen yang di perlukan untuk pemasangan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS)antara lain :
  1. Panel Surya / Modul Surya.
  2. Controller.
  3. Baterai.
  4. Inverter.
  5. Converter
Setelah peralatan sudah lengkap kita rangkai alat tersebut satu persatu,pertama dari panel surya / modul surya di sambung ke controller lalu ke baterai dan dari baterai di sambung lagi ke inventer untuk menghasilkan arus AC, dan conventer untuk arus DC.
Kegunaan alat – alat tersebut yaitu :
  1. Panel Surya / Modul Surya merupakan alat untuk menyerap energi dari sinar matahari.
  2. Controller merupakan alat untuk mengontrol arus atau energi yang di serap oleh modul.
  3. Baterai merupakan alat untuk menyimpan arus atau energi yang di hasilkan oleh modul.
  4. Inverter merupakan alat untuk mengubah arus DC menjadi arus AC.
  5. Conventer merupakan alat untuk mengubah Voltase yang tinggi menjadi beberapa Voltase yang lebih kecil.
Pembangkit Listrik Tenaga Surya inipun dapat di bangun dalam waktu yang singkat dan cara pemggunaannya cukup mudah,dengan daya kerja yang dapat diandalkan dan suatu system tenaga yang sangat bersahabat dengan llingkungan,yang bekerja tanpa mengeluarkan suara,tanpa menggunakan bahan baker,tanpa menimbulkan limbah atau pencemaran lingkungan,dan masa pemakaian yang sangat lama (untuk panel surya masa pemakaian bisa mencapai 30 tahun ).Untuk penggunaan daya listrik yang besar dapat digunakan beberapa modul surya yang di paralelkan sehingga menghasilkan energi listrik sesuai dengan kebutuhan pemakai.Berapapun daya listrik yang dibutuhkan dapat terpenuhi.
Beberapa keunggulan PLTS di banding system pambangkit listrik lainnya.
  1. Ramah lingkungan tidak menimbulkan polusi suara maupun polusi asap.
  2. Bersifat moduler karena kapasitas listrik yang dihasilkan dapat di sesuaikan dengan kebutuhan dengan cara merangkai modul secara seri atau parallel.
  3. Tidak memerlukan bahan bakar karena sumber energi yang di gunakan dari sinar matahari yang di hasilkan secara cuma - cuma sepanjang tahun.
  4. Tidak memerlukan kontruksi yang berat sehingga dapat dipasang dimana saja dan dapat dipindahkan bilamana dibutuhkan.
  5. Perawatannya yang sangat mudah dan tidak memerlukan banyak biaya,hanya membersihkan modul bila kotor dan menambah air aki/accu bila kurang.
  6. Umur pemakaian modul surya bisa mencapai 30 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar